Selasa, 25 Maret 2014

REFLEKSI PEMBELAJARAN ENTREPRENEURSHIP III




Dulu saya pernah berpikir bahwa modal utama berbisnis adalah uang, tapi setelah mencoba menjalankan bisnis, saya baru paham bahwa modal utama berbisnis bukanlah uang melainkan diri kita sendiri modal utamanya.
Walaupun memulai suatu bisnis pasti perlu uang, akan tetapi uang itu tidak harus uang kita sendiri, karena sangat besar peluangnya memakai uang orang lain, tentu dengan memenuhi syarat-syaratnya.
Setelah belajar dari para Guru di pekan III UCEO T100, saya makin paham bahwa untuk memulai berbisnis lalu mengembangkannya harus dengan ilmu pengetahuan yang utamanya tentang diri kita sendiri terlebih dahulu, karena potensi besarnya adalah pada diri kita. Setelah tahu tentang diri kita harus dicari tahu juga bagaimana mengelola dan mengembangkan potensi diri kita tersebut, apakah telah sesuai dengan bisnis yang kita jalankan sekarang?, bagaimana mengembangkannya?.
Fokus dan Konsisten merupakan 2 hal yang sering terasa ujiannya, karena terkadang hambatan yang terasa tidak mudah, akan mengundang saya untuk menekuni bisnis lain, yang sebenarnya butuh kedua hal tersebut. Dan saya yakin semua ada waktunya. Kalau bahasa spiritual Islam yang saya yakini bahwa kesuksesan itu pasti bersama kesabaran. Sementara batas kesabaran sesungguhnya bukan dari kita tetapi dari Allah Tuhan Yang Maha Esa.
Dari pembelajaran pekan III UCEO T100, saya jadi punya PR untuk meningkatkan success rate dengan memenuhi pengetahuan dan skill know-how, network, manajemen dan keuangan, seperti yang Bapak Sudhamek telah sampaikan.
Alhamdulillah, terima kasih para Guru.
Salam Entrepreneur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar